Aji Santoso Pede Bawa Timnas U-23 Lolos ke Piala Asia 2016

Aji Santoso Pede Bawa Timnas U-23 Lolos ke Piala Asia 2016
foto:istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Tak salah jika timnas U-23 merancang TC jangka panjang. Sebab, perjuangan mereka di salah satu ajang, yakni babak kualifikasi Piala Asia U-23 2016 cukup berat. Itu setelah hasil drawing kemarin (4/12) menempatkan skuat Garuda Muda satu grup dengan Korea Selatan (Korsel) di Grup H. 

Ajang sepakbola empat tahunan itu akan digelar di Qatar pada 2016 mendatang. Nah, Indonesia yang juga akan melawan Timor Leste dan Brunei Darussalam, berpeluang lolos dengan dua jalan. Pertama, menjadi juara grup atau lolos sebagai runner terbaik. 

Sebab, dengan Qatar yang pasti lolos karena tuan rumah, hanya 15 tiket ke putaran final Piala Asia U-23 yang tersisa. Kuota 15 tiket tersebut akan menjadi milik sepuluh juara grup A sampai J, serta lima runner up terbaik.

Pelatih timnas U-23 SEA Games, Aji Santoso, yang juga diplot sebagai pelatih untuk kualifikasi Piala Asia U-23 mengakui, peluang Indonesia cukup besar. "In sya Allah, saya melihat peluang Indonesia untuk lolos cukup terbuka," kata Aji, Kamis (4/12).

Jika gagal menjadi juara grup karena mungkin terganjal Korsel, Aji optimistis tiket lewat runner up terbaik bisa diraih. Namun, Aji menegaskan bahwa itu bukan berarti pihaknya kalah terlebih dulu sebelum bertanding. "Kami tetap optimistis, kami sedang melakukan persiapan. Memang Korsel lawan terberat, tapi bukan berarti kami menyerah dari sekarang. Kami akan kerja keras dan berjuang," tegasnya.

Aji mengakui, saat ini masih dalam proses seleksi. Dia sekaligus menjalankan seleksi itu dengan seleksi timnas untuk SEA Games. Dengan begitu, tim yang akan terpilih nantinya, akan tampil di kualifikasi piala Asia pada Maret mendatang, dan disiapkan untuk SEA Games 2015

Untuk seleksi, dia menarget pada Februari mendatang tim inti sudah terbentuk. Di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 pada Maret tahun depan, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. "Kami belum melihat kesana. Sekarang kami fokus untuk seleksi terlebih dulu," ucapnya. 

Piala Asia U-23 2016 nanti, juga akan menjadi ajang untuk menentukan wakil Asia yang tampil di Olimpiade 2016 Brasil. Nantinya, tiga tim teratas Piala Asia U-23 berhak mewakili Asia di Olimpiade 2016. (aam/bas)

JAKARTA - Tak salah jika timnas U-23 merancang TC jangka panjang. Sebab, perjuangan mereka di salah satu ajang, yakni babak kualifikasi Piala Asia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News