AKBP Hendy Beberkan Modus Briptu Hasbudi Selundupkan Barang Ilegal

AKBP Hendy Beberkan Modus Briptu Hasbudi Selundupkan Barang Ilegal
Polda Kalimantan Utara membeberkan tindak kejahatan yang Briptu Hasbudi. Foto : Humas Polda Kaltara.

jpnn.com, TARAKAN - Ditkrimsus Polda Kalimantan Utara (Kaltara) masih menyelidiki gurita bisnis ilegal yang digeluti Briptu Hasbudi.

Selain memiliki tambang ilegal, Polisi Bintara yang bertugas di Satuan Polairud Polres Tarakan tersebut diduga turut menyelundupkan ballpress pakaian bekas dan daging asal Malaysia.

Dirkrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy F Kurniawan membeberkan hasil penyelidikan perihal modus Briptu Hasbudi dalam menjalankan aksinya menyelundupkan pakaian bekas dan daging. Caranya dengan mengubah sejumlah kendaraan speedboat miliknya menyerupai kapal cepat milik Polri.

"Iya benar, kondisi 12 speedboat milik HSB (Hasbudi) yang sudah kami amankan itu sebagian besar dicat warna abu abu. Mirip speed boat milik Polairud," ungkap AKBP Hendy saat dihubungi JPNN.com, Rabu (11/4/2022) sore.

AKBP Hendy mengatakan Briptu Hasbudi mengganti warna cat speedboat miliknya dengan warna abu-abu. Diduga cara tersebut dilakukan agar speedboat yang digunakan kaki tangannya saat menyelundupkan barang ilegal, seolah-olah kendaraan milik Polri.

"Kalau dilihat dari bentuk dan warnanya jadi seolah serupa dengan speedboat milik Polri. Dugaannya dengan cara itu, bakal dikira kapal milik Polri yang sedang bertugas," terangnya. 

Mantan Kapolres Karawang itu menduga kapal speedboat tersebut tidak hanya digunakan untuk membawa ataupun menyelundupkan pakaian bekas dan daging, tetapi juga narkoba. 

"Kami menduga speedboat ini digunakan untuk memuluskan bisnis ilegalnya seolah kendaraan dinas Kepolisian," imbuhnya. 

AKBP Hendy beberkan modus Briptu Hasbudi menyelundupkan barang-barang ilegal, oh ternyata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News