Akhir Bulan Ini Masyarakat Bisa Menyaksikan Hujan Meteor, Jangan Lewatkan 

Akhir Bulan Ini Masyarakat Bisa Menyaksikan Hujan Meteor, Jangan Lewatkan 
Masyarakat bisa menyaksikan hujan meteor di langit pada akhir bulan ini, catat tanggal dan jamnya. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat bisa menyaksikan hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids pada akhir Juli 2022.

Fenomena tersebut di langit selatan dan bisa diamati dari wilayah Indonesia.

Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin menjelaskan hujan meteor Alpha-Capricords ini bisa diamati pada 30 - 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. 

Namun waktu terbaik menurut Thomas adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan. Diperkirakan ada sekitar 5 meteor per jam yang tampak melintas di langit. Hujan meteor ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi.

“Debu-debu komet yang berukuran kecil kecil memasuki atmosfer bumi lalu terbakar menampakkan seperti bintang jatuh," terangnya. 

Walau jumlah meteornya sedikit, kadang-kadang hujan meteor ini menampakkan meteor terang dari sisa-sisa komet yang berukuran lebih besar.

Sementara, hujan meteor Delta Aquariids bisa diamati pada 29 – 30 Juli mulai pukul 23.00 WIB di ufuk timur. Puncaknya sekitar pukul 02.00 WIB di langit selatan.

 “Hujan meteor ini menampilkan belasan meteor per jam. Debu-debu komet 96P/Machholz diduga menjadi sumber hujan meteor ini,” ujarnya.

Masyarakat bisa menyaksikan hujan meteor di langit pada akhir bulan ini, catat tanggal dan jamnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News