Akses Jalan Tertutup Longsor

Akses Jalan Tertutup Longsor
Relawan BPBD Kudus bersama warga berupaya memecah batu berukuran besar yang menutup akses jalan warga di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Rabu (12/2). Foto: ANTARA/HO-Relawan BPBD Kudus

jpnn.com, KUDUS - Bencana longsor yang terjadi di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Rabu sekitar pukul 11.00 WIB membuat akses jalan di desa setempat terputus sementara akibat tertutup material longsor.

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Bergas Catursasi Penanggungan, longsor menutup satu-satunya akses jalan warga yang berada di Dukuh Semliro menuju Desa Rahtawu.

Sebelum terjadi longsor, kata dia, di daerah setempat memang tidak sedang diguyur hujan, namun dimungkinkan karena hujan sebelumnya yang mengakibatkan tanah sekitar menjadi gembur dan tidak mampu menahan batu besar dan yang paling besar berukuran 4x2 meteran.

Kemudian batu dari tebing setinggi lima meteran itu tiba-tiba mengalami longsor dan menutupi jalan dari Dukuh Semliro menuju Desa Rahtawu.

"Beruntung tidak ada korban jiwa karena saat kejadian memang tidak ada warga yang melintas. Sedangkan objek pariwisata pemandian alami juga masih berjarak beberapa meter di bawahnya sehingga lalu lintas warga yang paling ramai memang masih jauh dari lokasi kejadian," ujarnya.

Atas kejadian tersebut, kata dia, warga dukuh setempat untuk sementara tidak bisa melintas karena harus menunggu proses pembersihan jalan dari material longsor.

Adapun upaya untuk membuka akses jalannya, yakni dilakukan dengan cara memecah batu tersebut secara manual serta menggunakan jack hammer (penghancur beton) karena menggunakan alat berat tidak memungkinkan dengan akses jalan menuju lokasi yang terlalu sempit.

Jumlah personel dari BPBD Kudus yang diterjunkan sebanyak 10 orang, ditambah bantuan warga sekitar untuk secepatnya membuka akses jalan setempat.

Longsor yang terjadi di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, membuat akses jalan di desa setempat terputus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News