Akses Makin Istimewa, 3 Ribu Turis Bakal Serbu Maratua

Akses Makin Istimewa, 3 Ribu Turis Bakal Serbu Maratua
Ilustrasi Pulau Maratua. Foto: Berau Post/JPNN

jpnn.com, BERAU - Bagi Menpar Arief Yahya, sukses tidaknya sebuah destinasi itu tergantung CEO Commitment.

Alias keseriusan kepala daerahnya, terutama dalam menyediakan 3A, Atraksi Akses Amenitas.

Baik Bupati, Walikota, Gubernur, yang paling menentukan dalam membangun pariwisata.

“Angkanya bisa 50 persen, ditentukan CEO Commitment-nya. Kalau pimpinan daerahnya mau, hampir pasti bisa. Begitupun sebaliknya. Itu bisa dilihat dari strategi budgetingnya dan memilih kadispar terbaiknya,” kata Menpar Arief Yahya.

Destinasi wisata di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim), mulai menunjukkan komitmennya. Berau makin mendapat tempat di hati wisatawan mancanegara (wisman), terutama dari Tiongkok.

Selain Pulau Derawan dan Kakaban, Pulau Maratua juga sudah menjadi tujuan wajib bagi travelista saat menghabiskan waktu di Berau. Wakil Bupati Berau Agus Tantomo mengatakan, saat ini sudah ada jadwal kedatangan ribuan turis asal Tiongkok ke Maratua.

“Kalau tidak ada halangan, Januari 2018 akan ada tambahan lagi sekitar 3.000 wisatawan yang melakukan penerbangan dari Guangzhou ke Tarakan dan Maratua,” kata Agus, Minggu (19/11).

Dia menambahkan, maraknya wisman yang berlibur ke Berau tak lepas dari akses yang makin banyak. Hingga kini, beberapa maskapai penerbangan sudah memiliki jadwal rutin menyambangi Maratua.

Bagi Menpar Arief Yahya, sukses tidaknya sebuah destinasi itu tergantung CEO Commitment.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News