Aksi Heroik 4 Siswa SMK Tangkap Penjambret, Pelaku Tersungkur

Aksi Heroik 4 Siswa SMK Tangkap Penjambret, Pelaku Tersungkur
Empat pelajar SMKN Mundu mendapat penghargaan dari Kapolresta Cirebon, Senin (13/2/2023). (ANTARA/Khaerul Izan)

jpnn.com, CIREBON - Empat orang siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Mundu di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menangkap seorang penjambret.

Atas keberaniannya, empat siswa itu menerima penghargaan dari Kapolresta Cirebon Kombes Pol Arif Budiman.

"Ini menjadi momentum bahwa siswa bisa berkontribusi dan menjadi contoh yang baik untuk mencegah kriminalitas, bukan sebagai pelaku," kata Arif Budiman di Cirebon, Senin.

Dia mengatakan saat ini memang banyak pelaku tindak pidana khususnya tawuran yang mengakibatkan korban luka dan meninggal dunia dilakukan oleh para pelajar, dan itu jumlahnya tidak sedikit.

Sehingga, ketika ada siswa atau pelajar yang rela berkorban dan mendedikasikan untuk ikut menjaga keamanan perlu diapresiasi agar bisa menjadi contoh, katanya.

Menurutnya, ada empat pelajar SMKN Mundu, Kabupaten Cirebon yang menangkap tersangka penjambretan di salah satu pasar di Kecamatan Weru.

"Mereka ini dengan tidak ada rasa takut menangkap penjambret yang sedang beraksi," tuturnya.

Dia berharap aksi heroik yang dilakukan oleh para pelajar itu bisa menjadi contoh kepada pelajar lainnya, dan lebih baik membantu masyarakat daripada melakukan aksi tawuran antarpelajar.

Hendak berangkat sekolah, siswa SMK memergoki penjambret sedang beraksi. Tanpa takut, para pelajar itu menangkap pelaku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News