Akui Pendapat Gus Dur Tak Seluruhnya Diamini PPP

Akui Pendapat Gus Dur Tak Seluruhnya Diamini PPP
Akui Pendapat Gus Dur Tak Seluruhnya Diamini PPP

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bisa memaklumi jika kedekatan keluarga Gus Dur beserta kalangan Gusdurian dengan PPP yang belakangan kian nampak, menimbulkan iri pihak lain. Hanya saja menurut Lukman, alasan yang mereka lontarkan untuk mebantah kedekatan PPP dengan keluarga Gus Dur dan pengikutnya tidak mendasar.

"Mereka katakan bahwa paham Islam yang dianut PPP tak 'nyambung' dengan keislaman Gus Dur. Benarkah itu? Padahal, nilai-nilai kemanusiaan, demokrasi dan kemajemukan yang selama ini diusung Gus Dur amat sejalan dengan nilai-nilai perjuangan yang dianut PPP," kata Lukman Hakim Saifuddin, dalam pesan sigkatnya, Kamis (16/1).

Meski demikian, Lukman mengaku tak semua pendapat Gus Dur diamini oleh PPP. Ada beberapa pikiran mendasar yang diperjuangkan Gus Dur, juga menjadi landasan sekaligus arah perjuangan PPP.

"Kita maklumi saja pandangan mereka yang tak tepat dalam menilai PPP dan Gus Dur. Kemudian, kita doakan saja mereka agar segera menemui jalan kebenaran," ujar Wakil Ketua MPR itu.

Dijelaskannya, PPP menolak segala bentuk sikap dan perilaku yang ekstrim atau tatharruf, anarkhisme, radikalisme dan budaya kekerasan lainnya. Apalagi, putusan Muktamar 2011 di Bandung kembali meneguhkan bahwa PPP adalah partai berazaskan Islam dengan paham ahlus sunnah wal jama'ah.

"Yaitu paham Islam yang bersandar pada Nabi Muhammad SAW, sahabat dan salaf as-sholeh, yang menjunjung tinggi nilai-nilai moderasi atau tawasuth dan toleransi atau tasamuh. Selain itu, PPP juga selalu berusaha menjaga keseimbangan atau tawazun dan menebarkan kasih sayang untuk semesta alam (rahmatan lil alamin)," imbuhnya. (fas/jpnn)

 

JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bisa memaklumi jika kedekatan keluarga Gus Dur beserta


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News