Alam Ganjar Gelar Diskusi Esport hingga Main Bareng Komunitas di Boyolali

Alam Ganjar Gelar Diskusi Esport hingga Main Bareng Komunitas di Boyolali
Muhammad Zinedine Alam Ganjar bersama komunitas di Boyolali. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, BOYOLALI - Muhammad Zinedine Alam Ganjar melanjutkan kunjungannya di Jawa Tengah dengan menghadiri kegiatan SatSet Mabar di Habita Live Space, Boyolali.

"Kami baru fun match SatSet Mobile Legends sama teman-teman terus talkshow bicara soal esports kira-kira bagaimana kita bisa berkolaborasi untuk meningkatkan ekosistem esports di Indonesia," ujar Alam dalam siaran persnya, Senin (5/2).

Dalam diskusinya, Alam menyampaikan bagaimana asosiasi dan industri bisa berkolaborasi di segala sektor agar industrinya terus berjalan.

Lanjut Alam, pentingnya merubah stigma masyarakat terutama orangtua dengan menormalisasi hal yang dianggap jarang, serta memperbanyak aktivasi yang memiliki benefit secara finansial agar bisa menguntungkan satu sama lain.

"Potensinya sangat besar tapi bagaimana kami bisa fokus terhadap ekosistem yang belum teroptimalisasi dengan baik karena melihat banyaknya stigma orang tua yang masih meragukan masa depan anaknya untuk terjun di dunia esports," ungkap Alam.

Dengan demikian, apabila esports bisa menciptakan ekosistem industri yang berkelanjutan dengan menjamin kesejahteraan yang berada di dalamnya, menurut Alam, hal tersebut bisa menjadi suatu ladang kreasi dan industri yang bisa membuka lowongan kerja secara masif.

Selain itu, kolaborasi antar stakeholder dibutuhkan, baik keterlibatan yang meliputi individu, komunitas, asosiasi, swasta dan pemerintah mampu mengembangkan ekosistem esports yang berkelanjutan.

Di sisi lain, lanjut Alam, infrastruktur juga memegang peranan sangat penting, meningkatkan fasilitas yang bisa mendukung kekurangan tersebut dan bagaimana hal tersebut menjadi pekerjaan utama untuk dikembangkan.

Muhammad Zinedine Alam Ganjar berdiskusi masalah esport bersama komunitas di Boyolali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News