Alam Ganjar Ajak Masyarakat Bali Lebih Peduli Terhadap Lingkungan

Alam Ganjar Ajak Masyarakat Bali Lebih Peduli Terhadap Lingkungan
Muhammad Zinedine Alam Ganjar ketika berada di Gianyar, Bali. Dok: Source for JPNN.

jpnn.com, GIANYAR - Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengatakan Pulau Bali sebagai tujuan pariwisata dunia dituntut untuk memenuhi sertifikasi ramah lingkungan agar meningkatkan daya tarik wisatawan.

Sebagai putra dari capres nomor urut 3 di Pemilu 2024, Ganjar Pranowo, Alam mengungkapkan upaya konkret harus dilakukan oleh berbagai pihak dalam menciptakan pengelolaan sampah secara berkelanjutan.

"Soal sampah masih jadi permasalahan lingkungan hidup, bagaimana pembuangan sampah itu masih belum beres, masih berserakan di alam maupun di tempat umum dan residu efeknya banyak sekali," kata Alam Ganjar di Kulidan Kitchen & Space, Gianyar, Bali, Selasa (19/12).

Menurut Alam, pembenahan sampah tersebut perlu diperkuat melalui sistem bersama dan dukungan dari pemerintah.

"Masih perlu ada pembenahan dimana sistem pengumpulan sistem bersama agar itu bisa di eksekusi melalui dukungan dari pemerintah," kata Alam.

"Bagaimana pemilihan sampah belum dilakukan secara efektif, yang mana mampu membuat TPA membludak dan meledak secara besar karena sampah organik mengeluarkan gas metana yang menyebabkan hal tersebut terjadi," lanjutnya.

Berbagai upaya mandiri, kata Alam tengah dilakukan oleh komunitas atau organisasi pecinta lingkungan.

"Pembuatan biopori secara masif, memberikan edukasi, menghidupkan TPS dan lain sebagainya. Langkahnya sudah bagus, konkret dan inovatif," ujar Alam.

Muhammad Zinedine Alam Ganjar mengajak masyarakat di Bali untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News