Alam Ganjar Sambangi Keraton Surakarta Hadiningrat Untuk Belajar Sejarah

Alam Ganjar Sambangi Keraton Surakarta Hadiningrat Untuk Belajar Sejarah
Muhammad Zinedine Alam Ganjar ketika mengunjungi Keraton Surakarta, Jawa Tengah. Dok: tim media GP.

jpnn.com, SURAKARTA - Muhammad Zinedine Alam Ganjar yang tengah berada di Kota Solo berkesempatan untuk mengunjungi Keraton Surakarta Hadiningrat, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (27/12).

Alam datang dan didampingi rekan komunitas selama di Keraton Surakarta.

Anak Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh itu hadir dalam rangka liburan, salah satunya memenuhi rasa ingin tahunya terhadap nilai budaya dan sejarah dari Keraton Surakarta.

"Ternyata panjang banget sejarahnya, tadi diperlihatkan silsilah dari atas yang berawal dari kerajaan Mataram, terpecah menjadi kesultanan Surakarta dan Yogyakarta. Ada beberapa peninggalan yang masih disimpan dan diabadikan di museum ini," kata Alam.

Berdirinya Keraton Surakarta tidak terlepas dari Kerajaan Mataram. Kerajaan Mataram ini didirikan oleh Panembahan Senapati Ing Ngalogo pada tahun 1575 dan menjadi sultan pertama.

Kerajaan Mataram berkembang hingga mencapai puncak kejayaannya pada masa Sultan Agung pada tahun 1613-1645.

Dari Kerajaan Mataram itu kemudian melahirkan keturunan dinasti berikutnya, yaitu Keraton Surakarta yang didirikan oleh Pakubuwono II dengan gelar Susuhunan Paku Buwana Senapati Ing Alaga Abdul Rahman Sayidin Panatagama.

Adapun perpindahan dari Keraton Kartasura ke Keraton Surakarta juga disebabkan oleh adanya peristiwa Geger Pecinan pada tahun 1740-an.

Muhammad Zinedine Alam Ganjar berkesempatan mengunjungi Keraton Surakarta dalam rangka mempelajari sejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News