Alam Ganjar Sampaikan Orientasi Soal Pendidikan di Hadapan Pemuda Banten

Alam Ganjar Sampaikan Orientasi Soal Pendidikan di Hadapan Pemuda Banten
Muhammad Zinedine Alam Ganjar bersama para pemuda yang ada di Serang, Banten. Dok: Tim media GP.

jpnn.com, SERANG - Di hadapan ratusan pemuda yang didominasi oleh pelajar, Muhammad Zinedine Alam Ganjar menyampaikan pandangannya soal esensi dari pendidikan.

Menurut Alam, ada beberapa poin penting dalam membangun sebuah pendidikan yang semua itu diawali dengan karakter sebagai fundamental dalam pendidikan.

Untuk itu, kata Alam, pendidikan dasar soal karakter mesti ditanamkan sedini mungkin, khususnya pendidikan karakter bagi anak usia dini.

"Perlu ada reformasi di bidang kurikulum pendidikan secara khusus untuk anak usia dini karena kita bicara soal karakter. Bagaimana kita bisa melihat semua manusia itu setara dan tidak ada perbedaan dari segi latar belakang apapun, secara khusus di gender," kata Alam di acara Sandination: Diskusi Aspirasi Pemuda Banten di Aula SMKN 2, Serang, Minggu (14/1).

Putra Ganjar Pranowo itu mengibaratkan pemberian pendidikan karakter untuk anak usia dini seperti mengukir batu, sebab, perlu perhatian dan kesabaran khusus.

Namun, apabila hal ukiran tersebut telah terbentuk, hasilnya akan melekat selamanya.

"Saya pernah mendapat beberapa statemen dari guru, paling susah itu ngajarin anak-anak. Karena mengajari anak itu seperti mengukir batu, kerasnya minta ampun, susahnya minta ampun tapi kalau udah keukir, ga akan pernah hilang," ujar Alam.

Oleh karena itu, sifat pendidikan yang membentuk karakter itu secara khusus tertuju pada pendidikan usia dini.

Muhammad Zinedine Alam Ganjar menyampaikan pandangannya tentang pendidikan kepada para pemuda yang ada di Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News