Alami Pneumonia, Nafas Masih Lancar

Alami Pneumonia, Nafas Masih Lancar
Alami Pneumonia, Nafas Masih Lancar
SURABAYA - Adanya bakteri jenis  Acinetobacter yang bersarang di paru-paru Ramdan Aldil Saputra masih menjadi fokus perhatian tim dokter RSUD dr  Soetomo. Hasil kultur bakteri (pemeriksaan terhadap bakteri) kemarin pagi menunjukkan bahwa populasi kuman tersebut tidak bertambah. Namun, ada beberapa indikator yang menunjukkan bahwa gejala infeksi pada paru-paru bocah yang 24 April lalu menjalani operasi transplantasi liver itu meningkat.

"Paru-parunya masih harus benar-benar diperhatikan. Sebab, infeksinya belum hilang," kata dr Philia Setiawan SpAn-KIC, konsultan intensive care unit (ICU) dan critical care yang menangani bocah 3,5 tahun itu, dalam konferensi pers di lantai 2 Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr Soetomo kemarin pagi.

Indikasi tersebut sebenarnya sudah terjadi sejak Minggu malam (16/5). Hasil tes laboratorium malam itu menunjukkan bahwa angka leukosit  Ramdan yang telah berganti nama menjadi Slamet Hadi Syahputra, yang selama dua hari sebelumnya 22.000/mm3, naik menjadi 27.000/mm3.

Leukosit atau sel darah putih merupakan substansi yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan kuman atau bakteri di dalam tubuh. Jika dalam tubuh terjadi infeksi, jumlah sel darah putih akan bertambah sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri. Sampai kemarin, area yang ada bercaknya pada paru-paru Putra "panggilan baru untuk Ramdan" juga belum berubah. Belum adanya pengurangan berbercak itu merupakan tanda bahwa populasi Acinetobacter baumanii dalam paru-paru Putra belum berkurang.

SURABAYA - Adanya bakteri jenis  Acinetobacter yang bersarang di paru-paru Ramdan Aldil Saputra masih menjadi fokus perhatian tim dokter RSUD

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News