Alasan Shin Tae Yong Lebih Percaya Adi Satryo Jadi Kiper Timnas Indonesia U-19

Alasan Shin Tae Yong Lebih Percaya Adi Satryo Jadi Kiper Timnas Indonesia U-19
Shin Tae Yong. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Manajer pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong mengungkapkan alasannya mengapa selama ini lebih sering memainkan penjaga gawang M Adi Satryo dibandingkan nama lainnya saat menjalani pemusatan latihan di Kroasia.

Pengalaman dan durasi kebersamaan Adi Satryo di Timnas Indonesia U-19 yang dipegang oleh Shin Tae Yong menjadi alasannya. Memang, sejak awal dilatih Shin Tae Yong, dia sudah berada di tim, sebagai pelapis dari Ernando Ary Sutaryadi. Namun, semenjak Ernando cedera saat pemusatan latihan di Jakarta beberapa waktu lalu, Adi Satryo pun menjadi pilhan utama.

Dua penjaga gawnag lain yang jaran gdapat kesempatan tampil itu ialah Erlangga Setyo dan Yofandani Damai. Patokannya, dari sepuluh laga uji coba yang telah dijalani Timnas Indonesia U-19, Erlangga dan Yofandani baru bermain sekali saja. Selebihnya, Adi Satryo yang pilihan Shin Tae Yong.

"Untuk masalah kiper memang kami masih mengejar latihan agar posisi ini semakin kompetitif. Airlangga dan Yofandi memang baru ikut training camp ini jadi masih perlu waktu untuk mereka," kata Shin Tae Yong di Youtube PSSI, Senin (19/10).

Untuk memainkan kedua kiper pelapis itu, pelatih asal Korsel tersebut memang tak ingin terburu-buru. Latihan yang keras dan intensif masih harus terus diberikan agar performa mereka meningkat.

"Kami tak mau buru-buru juga menurunkan mereka. Kami beri mereka latihan lebih agar mereka naik kemampuannya dan naik percaya dirinya. Kalau mereka kerja keras pasti akan dirotasi untuk bisa menjaga gawang Timnas Indonesia U-19," terang Shin Tae Yong.

Memang, sebagai kiper utama, Adi Satryo menjadi kiper yang paling banyak dibobol gawangnya. Dari 17 gol yang telah bersarang ke gawang Timnas Indonesia U-19, 16 di antaranya terjadi saat dijaga oleh kiper asal klub PSMS Medan itu. Erlangga hanya kebobolan satu gol. Hanya Yofandani yang masih perawan gawangnya.

Melihat pernyataan Shin Tae Yong, saat Indonesia menghadapi Hajduk Split pada Selasa (20/10) sore, dipastikan posisi penjaga gawang itu masih menjadi milik Adi Satryo.

Shin Tae Yong tak banyak memberikan kesempatan tampil kepada kiper pelapis Yofandani Damai dan Erlangga Setyo. Dia banyak menurunkan Adi Satryo. Mengapa?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News