JPNN.com

Alat Pendeteksi Kantuk Karya Siswi Purwokerto Diincar Perusahaan Tambang

Rabu, 25 November 2015 – 09:02 WIB Alat Pendeteksi Kantuk Karya Siswi Purwokerto Diincar Perusahaan Tambang - JPNN.com

DUA siswi SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto, yakni Nurin Jannatin (17) dan Kamila Sedah Kirana (16), menorehkan prestasi membanggakan.

Mereka berhasil membuat alat yang mampu mendeteksi kantuk yang ditempelkan pada jaket. Hasil temuannya tersebut saat ini dilirik oleh salah satu perusahaan tambang di Kalimantan, dan sedang dalam proses uji coba.

-------------

MAULIDIN WAHYU SETIYA PUTRA, Purwokerto

-------------

Setiap sekolah mempunyai cara untuk mengembangkan minat dan bakat anak didiknya. Tak terkecuali, SMA IT Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto yang mewajibkan siswanya membuat karya ilmiah sebagai salah satu syarat kenaikan kelas. Berawal dari itulah Nurin Jannatin dan Kamila Sedah Kirana, siswi yang duduk dibangku kelas XII itu mampu menciptakan sebuah alat pendeteksi kantuk.

"Waktu kelas XI naik ke kelas XII harus buat karya ilmiah. Kebetulan kita ambil Fisika, dan dari situlah kita mulai mencari masalahnya, angka kecelakaan yang tinggi, dan akhirnya kita memutuskan membuat alat deteksi kantuk," kata Nurin saat ditemui Radarmas (Jawa Pos Group) di sekolahnya, Selasa (24/11).

Menurut Kamila rekan se-tim Nurin, alat pendeteksi kantuk memang sudah ada sejak lama, namun memiliki harga yang sangat mahal. Misalnya helm anti kantuk buatan luar negeri dengan menggunakan gelombang syaraf otak yang ditaksir memiliki harga jutaan rupiah.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...