Alhamdulillah, Bisnis Kuliner Bergairah setiap Ramadan dan Lebaran

Alhamdulillah, Bisnis Kuliner Bergairah setiap Ramadan dan Lebaran
Puti Guntur Soekarno (kerudung merah) mengunjungi lokasi wisata kuliner di Jalan Ketabang Kali, Surabaya. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Kinerja bisnis kuliner meningkat pada momen Ramadan dan Idul Fitri, membuat Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jawa Timur tersenyum.

Ada saja keluarga atau komunitas yang menggelar buka bersama atau halalbihalal di restoran atau kafe anggota Apkrindo. Jika dibandingkan dengan bulan-bulan biasa, peningkatan penjualan mencapai 20–30 persen.

Ketua Apkrindo Jatim Tjahjono Haryono menyatakan, peningkatan paling pesat terjadi di restoran dan kafe yang terletak di mal.

’’Karena fasilitas di dalam mal sudah lengkap. Setelah makan, bisa langsung belanja atau bisa juga Tarawih di masjid eksekutif yang disediakan,’’ tuturnya di Surabaya.

Dia menambahkan, sebagian besar pengunjung restoran atau kafe justru berasal dari luar Surabaya. Yakni, Solo, Semarang, Madiun, dan Banyuwangi. Namun, Apkrindo belum memiliki data resmi terkait dengan pengunjung dari luar Surabaya itu.

BACA JUGA: Coconut Seafood, Menu Unik Buka Puasa dari Kedai Fatimah

’’Mereka yang dari luar kota kalau buka puasa di Surabaya pasti sekalian belanja. Sebab, mal besar yang dekat dari Solo atau Semarang ya di Surabaya ini. Lewat tol cepat,’’ papar Tjahjono.

Apkrindo berharap kinerja positif bisnis kuliner bisa menutup kekurangan pada triwulan pertama lalu yang lesu.

Bisnis kuliner bergairah selama Ramadan dan Idulfitri, peningkatan paling pesat terjadi di restoran dan kafe yang terletak di mal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News