Alhamdulillah, Kenaikan Dana BOS Madrasah Segera Cair

Alhamdulillah, Kenaikan Dana BOS Madrasah Segera Cair
Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani. Foto: Humas Kemenag

jpnn.com, JAKARTA - Kabar gembira datang dari Kementerian Agama (Kemenag) soal pencairan dana Bantuan Operasional Sekolah atau BOS.

Kenaikan dana BOS Madrasah tahun 2020 akan segera cair. Kenaikan yang sempat tertunda karena refocussing untuk penanganan COVID-19 ini dijadwalkan cair dalam dua pekan ke depan.

"Semoga dua pekan ke depan sudah bisa dicairkan. Senin depan dilakukan finalisasi penetapan data alokasi," kata Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani di Jakarta, Sabtu (7/11).

Menurut pria yang akrab disapa Dhani ini, kenaikan dana BOS yang sudah direncanakan sejak 2019 itu sebesar Rp 100 ribu setiap siswa.

Basisnya adalah data siswa yang tercatat di EMIS (Education Management Information System).

Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati ini mengatakan, pihaknya terus berupaya melakukan pembenahan dalam pengelolaan dana BOS.

Salah satunya adalah dengan menerapkan Sistem e-RKAM (Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah berbasis Elektronik) pada 2021. 

Penerapan e-RKAM ini menjadi bagian dari implementasi Proyek Reformasi Kualitas Pendidikan Madrasah atau Realizing Education’s Promise - Madrasah Education Quality Reform (REP-MEQR) yang akan berlangsung selama lima tahun, dari 2020 hingga 2024.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag menyampaikan pencairan dana BOS madrasah dilakukan dua pekan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News