Alhamdulillah, Ratusan Hewan Ternak di Kota Ini Sembuh dari PMK

Alhamdulillah, Ratusan Hewan Ternak di Kota Ini Sembuh dari PMK
Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri Moh Ridwan mengatakan terdapat ratusan hewan ternak dinyatakan sembuh dari PMK. ((ANTARA/Rendhik Andika))

jpnn.com, KEDIRI - Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri Moh Ridwan mengatakan terdapat 260 kasus ternak yang dinyatakan terkena PMK.

Namun, dari angka tersebut 185 kasus dinyatakan sembuh dan 75 kasus masih aktif

Adapun hewan dinyatakan sembuh dan tidak ditemukan kasus baru lagi di Kelurahan Bandar Lor, Ketami, Betet, dan Rejomulyo.

"Jadi, yang sakit tetap kami pantau ke lapangan. Biasanya kita pantau lima sampai sepuluh hari dan alhamdulillah semua yang kami tangani sembuh," kata dia di Kediri.

Dia mengakui, saat ini kasusnya masih fluktuatif, tetapi pihaknya tetap melakukan pemantauan secara intensif.

Terlebih ada sapi yang diindikasi terjangkiti PMK, sehingga angka kematian hewan ternak akibat PMK di Kota Kediri zero.

Dirinya juga bersyukur karena peternak saat ini sudah banyak pengalaman dalam penanganan kasus tersebut, sehingga sudah tahu upaya apa yang dilakukan jika hewan ternaknya sakit.

"Teman-teman peternak sekarang mengandalkan jamu kunir, temulawak, dicampur daun pepaya, bahkan ada yang dicampur madu. Untuk perawatan kaki, ada yang menggunakan kapur mati yang dioles di kaki dan secara medis itu tidak apa-apa," ujar dia.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Kediri Moh Ridwan mengatakan terdapat ratusan hewan ternak dinyatakan sembuh dari PMK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News