Alumni Politeknik Jadi Incaran Industri Penerbangan

Alumni Politeknik Jadi Incaran Industri Penerbangan
Alumni Politeknik Jadi Incaran Industri Penerbangan. JPNN.com

jpnn.com - MALANG - Banyaknya perusahaan yang berminat merekrut lulusan dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), tidak terlepas dari SDM lulusan yang berkualitas. Saat ini, ada sebanyak 164 perusahaan yang bermitra dengan kampus yang berada di Jalan Soekarno Hatta itu.

Vice President Human Capital Management, Garuda Maintance Facility (GMF), Asep Kurnia mengatakan, sejauh ini ada sekitar 70 lulusan Polinema yang bekerja di perusahaan yang bergerak di peralatan pesawat terbang. “Kami baru menjalin kerjasama dan MOU dengan Polinema sejak tahun 2012 lalu,” katanya.

Sebelumnya, jelas Asep, jika perusahaannya masih merekrut lulusan SLTA. Dan bagi yang berhasil diterima di GMF masih di didik selama 18 bulan untuk mendapatkan sertifikat. Karena, lulusan SLTA masih perlu ada tambahan pendidikan tentang basicnya.

Beda halnya, kata dia, dengan lulusan D3 Polinema, yang hanya memerlukan waktu 9 bulan untuk masa pendidikannya. Apalagi, basic keilmuannya sesuai dengan kebutuhan di Perusahaan. “Standar Internasional memang harus mempekerjakan SDM lulusan D3, dan di Indonesia ada 6 Perguruan Tinggi (PT) yang bekerjasama dengan kami sejauh ini,”jelasnya kepada Malang Post (Grup JPNN.com).

Pria ramah ini menyebut, pihaknya telah melakukan MOU dengan enam PT salah satunya Polinema dalam pengembangan dan penerapan silabus yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebab, kedepan SDM tidak hanya diarahkan pada basic keilmuannya, tapi juga pada keahliannya masing-masing.

Selain itu, lulusan Polinema memiliki etos kerja yang bagus, disiplin baik, dan matang dalam sektor keilmuan. “Kami mulai melirik Polinema lantaran tingkat serapan ke dunia kerja sebelum lulus mencapai 75 persen. Perusahaan lain saja suka dan minat dengan Polinema, kenapa kami tidak,”paparnya.

Kendati begitu, selama ini lulusan Polinema dan lima PT lainnya masih lemah dalam bidang bahasa, terutama Bahasa Inggris. Padahal, 2015 nanti sudah masuk pada AFTA atau pasar bebas.

Program jangka panjang kedepan, dengan diikuti perkembangan teknologi dan pengembangan perusahaan, mulai 2015 hingga 2023 dapat merekrut 200-400 lulusan setiap tahunnya. Meskipun jumlahnya jauh dari kata kurang.

MALANG - Banyaknya perusahaan yang berminat merekrut lulusan dari Politeknik Negeri Malang (Polinema), tidak terlepas dari SDM lulusan yang berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News