AM Fatwa di Mata Fahri Hamzah

AM Fatwa di Mata Fahri Hamzah
Fahri Hamzah dan AM Fatwa. Foto: YouTube

jpnn.com, JAKARTA - Sosok Andi Mappetahang (AM) Fatwa sangat luar biasa di mata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri sudah lama mengenal Fatwa di banyak momentum.

Fatwa juga pernah tinggal lama di kampung Fahri, di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

"Sebagai tokoh Bugis di Jakarta tentu kami juga sama-sama memiliki darah Bugis kelahiran Bone," kata Fahri, Kamis (14/12).

Saat tiba di Jakarta, Fahri mengaku sudah mengenal Fatwa sebagai sosok yang melegenda. Fatwa terlibat dalam peristiwa-peristiwa politik pada masa lalu baik orde lama maupun orde baru.

"Beliau termasuk yang dipenjara lama karena tuduhan-tuduhan politik di masa lalu. Lebih dari 12 tahun menjalani penjara yang vonisnya seumur hidup," kata Fahri.

Dia menambahkan keaktifan Fatwa di organisasi-organisasi Islam seperti PII, HMI dan lainnya membuatnya menjadi dikenal luas di kalangan Islam dan non-Islam.

"Sebelum saya menjadi anggota DPR, kami bersama-sama di banyak tempat sebelum reformasi dan saat reformasi. Bersama almarhum Adi Sasono kami bersama aktif di ICMI dan bersama Prof Amien Rais kami bersama mendorong reformasi," kenang Fahri.

Dia mengingat, 20 Mei 1998 malam berangkat dari rumah Prof Malik Fadjar di kawasan Menteng, meninjau kawasan Monas yang kabarnya sudah dikepung tentara.

Sosok Andi Mappetahang (AM) Fatwa sangat luar biasa di mata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri sudah lama mengenal Fatwa di banyak momentum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News