Amankah Mengisap Rokok Sampoerna Produksi Rungkut Surabaya?

Amankah Mengisap Rokok Sampoerna Produksi Rungkut Surabaya?
Sejumlah petugas keamanan internal berjaga di depan pabrik Sampoerna Rungkut 2 Surabaya, Kamis (30/04/2020). Foto: ANTARA/Hanif Nashrullah

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah karyawan PT HM Sampoerna Tbk dinyatakan positif terjangkiti virus corona COVID-19.

Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita memastikan produk tembakau produksinya tidak terpapar virus COVID-19 karena telah melalui prosedur karantina selama lima hari sebelum didistribusikan ke konsumen tingkat akhir.

"Masa karantina selama lima hari ini lebih lama ketimbang rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," kata Direktur PT HM Sampoerna Tbk, Elvira Lianita dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (1/5).

Elvira mengatakan hal itu menanggapi maraknya informasi simpang siur di media sosial mengenai produknya pasca pemberitaan terkait karyawan perusahaan tersebut yang meninggal dunia akibat virus itu di lokasi pabrik Rungkut 2, Surabaya.

Dijelaskan Elvira, menurut kedua lembaga otoritas kesehatan internasional tersebut, COVID-19 mampu bertahan hidup paling lama 72 jam atau tiga hari di atas permukaan plastik dan besi baja.

Sementara pada permukaan tembaga dan kardus, daya tahan virus tersebut, masing-masing, empat jam dan 24 jam.

"Kami berkomitmen menjaga kualitas terbaik dan integritas merek atas produk-produk kami," ujar Elvira.

Elvira juga mengatakan bahwa pihaknya menerapkan praktik protokol kesehatan ketat di seluruh area dan fasilitas produksi untuk melindungi para karyawan.

Setelah sejumlah karyawan PT HM Sampoerna Tbk, amankah mengisap rokok produksi pabrik Sampoerna di Rungkut Surabaya?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News