Amankan Stok Darah untuk Libur Natal

Amankan Stok Darah untuk Libur Natal
Donor darah. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, SURABAYA - Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surabaya di Jalan Embong Ploso sudah menyiapkan stok kantong darah untuk menyambut liburan akhir tahun.

Tidak bisa dimungkiri bahwa krisis ketersediaan kantong darah kerap terjadi ketika liburan. Salah satunya nataru.

Mayoritas warga membatalkan jadwalnya untuk mendonorkan darah. Sebab, banyak warga Surabaya yang memilih menghabiskan waktunya di luar kota untuk berlibur dan berbagi waktu dengan keluarga.

Hal itu juga diamini Kepala UDD PMI Kota Surabaya dr Budi Arifah. Minimnya keberadaan warga Surabaya membuat intensitas donor menurun.

Namun, dia selalu mengantisipasi hal tersebut sejak jauh-jauh hari. ''Kami sudah stok beberapa kantong darah, tepat sebelum liburan,'' tuturnya.

Caranya, meningkatkan intensitas donor dari biasanya. Yakni, melakukan jemput bola. Budi mengatakan tidak bisa hanya mengandalkan donor yang secara reguler datang ke UDD PMI.

Dia juga menawarkan kepada beberapa instansi dan perusahaan di luar untuk melakukan donor darah. Dengan begitu, kuota kantong darah yang mereka punya selalu lengkap ketika dibutuhkan.

Budi menjelaskan, dirinya dalam sehari membutuhkan setidaknya 400 pendonor. Jika dijumlahkan dalam sebulan, dia membutuhkan setidaknya 12 ribu pendonor darah.

Tidak bisa dimungkiri bahwa krisis ketersediaan kantong darah kerap terjadi ketika liburan hari raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News