Minggu, 17 Februari 2019 – 03:16 WIB

Amien Rais Sebut Empat Jenis Mafia Menguasai Indonesia

Selasa, 29 Januari 2019 – 18:58 WIB
Amien Rais Sebut Empat Jenis Mafia Menguasai Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menyebut ada empat jenis mafia yang menguasai Indonesia. Pertama, disebut sebagai mafia ecek-ecek yang bercokol di kecamatan hingga kabupaten.

"Ini ada di pasar, ada di pabrik-pabrik, ada di parkiran dan lain-lain. Jadi, daya rusak mafia ecek-ecek ini tidak begitu besar buat bangsa dan negara," ujar Amien pada diskusi 'Topic of The Week' yang digelar Seknas Prabowo-Sandi di Jakarta, Selasa (29/1).

Kedua, Amien menyebut mafia kelas menengah yang bercokol di provinsi-provinsi di Indonesia. Para mafia ini disebut mempunyai jaringan memaksakan kehendak dengan menekan para pejabat penting di level provinsi atau gubernur.

"Ketiga, mafia berskala nasional. Ini sudah enggak ketulungan. Apa yang enggak diterabas mafia ini. Ada garam, beras, daging, cabai, kedelai, segala macam," katanya.

Mantan Ketua MPR ini menilai, para mafia berskala nasional biasanya membentuk kartel-kartel sehingga dapat menentukan jalannya perekonomian nasional.

"Saya bukan ahli ekonomi, tapi saya katakan mafia nasional ini tidak mungkin bisa langgeng tanpa kerja sama dengan kekuasaan. Pasti ada kedekatan dengan menteri ini, menteri itu, jenderal ini, jenderal itu. Ini saya kira sebuah rahasia umum, bukan rahasia baru," tuturnya.

Amien kemudian menyebut jenis mafia keempat yaitu super mafia. Terdiri dari konglomerat-konglomerat internasional. Mereka biasanya memaksakan kehendak ke berbagai bangsa, membuat laporan palsu dan membantu pemilu yang tidak adil, jujur, bebas.

"Koorporasi besar itu sesungguhnya super mafia. Mereka berkolusi dengan super mafia di negeri ini. Paling kuat dengan penguasa-penguasa tinggi dan tertinggi. Argumen saya, ada korelasi positif antara kekuasaan dengan korupsi. Semakin besar kekuasaan semakin tinggi korupsinya," kata Amien.

SHARES
TAGS   Amien Rais Mafia
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar