Selasa, 12 Desember 2017 – 15:14 WIB

Amoroso Katamsi Cerita soal Komentar Pak Harto dan Bu Tien

Sabtu, 30 September 2017 – 06:49 WIB
Amoroso Katamsi Cerita soal Komentar Pak Harto dan Bu Tien - JPNN.COM

jpnn.com - Film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI ditayangkan lagi di televisi terrestrial, tvOne, tadi malam (29/9). Jawa Pos mewawancarai Amoroso Katamsi, pemeran Mayjen Soeharto.

---

”AMOROSO, kamu saya calonkan untuk peran Soeharto, tapi sebagai cadangan. Saya mau cari dulu yang lebih persis wajahnya,” kata Amoroso menirukan ucapan Arifin C. Noer pada Senin (25/9).

Pesan itu disampaikan Arifin kepada Amoroso pada awal 1981, ketika proses pembuatan film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S/PKI mulai dilakukan.

Soal kemampuan akting, Arifin sebenarnya sudah tahu kemampuan Amoroso. Keduanya pernah tergabung dalam Studi Grup Drama Jogja yang dipimpin W.S. Rendra.

Kurang dari tiga bulan menjelang jadwal produksi film, Arifin ternyata belum menemukan kandidat lain yang lebih pas.

Ada yang lebih persis, tapi tidak bisa main film. Sutradara yang juga penyair itu akhirnya mengajukan nama Amoroso kepada G. Dwipayana, Dirut Produksi Film Negara saat itu. ”Ternyata disetujui,” kata Amoroso.

Mulailah pria kelahiran 21 Oktober 1938 tersebut mempelajari segala hal tentang Soeharto yang ketika itu merupakan orang nomor satu RI.

Amoroso yang berdinas di TNI-AL saat itu sedang sekolah spesialisasi psikiatri di Universitas Indonesia.

SHARES
loading...
loading...
Komentar