Anak - anak Paling Banyak Tertular TBC

Anak - anak Paling Banyak Tertular TBC
Penyakit TBC. Foto: Pixabay

jpnn.com, SURABAYA - Saat ini banyak penderita tuberkulosis (TB) yang berasal dari kalangan anak-anak. Berdasar data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo, terdapat 188 penderita TB anak tahun lalu.

''Anak-anak biasanya tertular dari orang terdekat di lingkungannya. Misalnya, orang tua,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Sidoarjo dr M. Atho'illah.

Dia mengatakan, angka tersebut bisa bertambah. Apalagi, kuman TB menular melalui udara. ''Dari percikan air liur saat berbicara,'' tutur Atho'illah.

Juga, dari air yang keluar saat seseorang batuk. Karena itu, mulut harus ditutup saat batuk. Ada etika yang harus dijalankan seseorang saat batuk.

Etika batuk itu pun kemarin dipraktikkan bersama saat peluncuran I Care TBC di Puskesmas Barengkrajan. Semua pihak yang hadir melakukannya bersama.

Tidak terkecuali Plt Kadinkes Sidoarjo drg Syaf Satriawan SpPros. Etika tersebut sekaligus menjadi edukasi bagi warga agar tidak menularkan penyakit, terutama TB.

''Tidak disarankan menutup mulut dengan telapak tangan. Sebab, potensi menularkan penyakit bisa terjadi. Yakni, saat bersalaman. Telapak tangan yang sudah terkena virus dapat menular pada orang lain,'' lanjutnya.

Kepala Puskesmas Barengkrajan drg Diah Nurani Widjajanti mengatakan, I Care TBC merupakan kepanjangan dari Inovatif, Cepat, Aman, Ramah, dan Empati.

Tutup mulut dengan tisu atau sapu tangan saat batuk agar tidak menularkan TBC pada orang lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News