Anak Muda Sasaran Empuk Koruptor

Anak Muda Sasaran Empuk Koruptor
Anak Muda Sasaran Empuk Koruptor
JAKARTA – Anda berusia muda, rupawan, dan berpenampilan menarik? Awas, bisa jadi anda menjadi target koruptor untuk mencuci uang hasil kejahatannya. Setidaknya itulah modus yang diendus oleh Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) saat ini. Lembaga itu berharap agar anak muda tidak gampang menerima hadiah.

Apalagi, jika pemberian itu diberikan oleh orang yang tidak jelas pekerjaannya dan nilainya berlebihan. Wakil Ketua PPATK Agus Santoso menyebut bisa saja pemberian itu terkait dengan tindak pidana korupsi. ’’Saya sangat menyayangkan anak muda sekarang kurang aware terhadap pencucian uang,’’ ujarn di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat.

Himbauan itu tidak hanya disampaikan untuk para perempuan saja. Dari data yang dimiliki PPATK, ada juga laki-laki muda yang juga kecipratan rejeki dari koruptor. Ikatan kode etik membuat Agus tidak bisa dengan gamblang menyebut dengan detail nama koruptor atau contoh anak muda tersebut.

’’Banyak yang dialihkan ke nama-nama anak muda. Baik laki-laki atau perempuan,’’ imbuhnya. Dia meminta agar anak muda lebih kritis saat ada yang memberinya hadiah berlebihan. Sebab, kalau sudah diterima dan itu terkait dengan hasil korupsi, penerima bisa dijerat hukum juga.

JAKARTA – Anda berusia muda, rupawan, dan berpenampilan menarik? Awas, bisa jadi anda menjadi target koruptor untuk mencuci uang hasil kejahatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News