Anak Petani dan Putri Sopir Truk Raih Nilai Tertinggi Seleksi Bintara

Anak Petani dan Putri Sopir Truk Raih Nilai Tertinggi Seleksi Bintara
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - SURABAYA – Sebanyak 1.305 peserta dinyatakan lolos dalam seleksi penerimaan Bintara Polri 2016 yang diadakan Polda Jawa Timur. Ranking tertinggi dari jalur bintara tugas umum diraih anak petani dan anak sopir truk.

Hasil tersebut diumumkan dalam sidang terbuka kelulusan calon Bintara Polri di Mapolda Jawa Timur yang dihadiri Kapolda Jatim Irjen Pol Anton Setiadji. Orang tua seluruh peserta yang menjalani seleksi hingga babak akhir turut hadir.

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Raden Prabowo Argo Yuwono menyatakan, seleksi calon bintara terdiri atas dua jalur. Yaitu, bintara tugas umum dan penyidik pembantu.

Bintara tugas umum nantinya bertugas di satuan lalu lintas, sabhara, intelijen, dan lain-lain. Sementara itu, penyidik pembantu nantinya terlibat dalam proses penyidikan.

Argo menjelaskan, calon bintara yang diterima sesuai dengan kuota, yakni 1.305 orang. Bintara tugas umum yang diterima tercatat 1.253 orang. Masing-masing 1.190 pria dan 63 wanita.

Di sisi lain, peserta seleksi yang diterima sebagai bintara penyidik pembantu tercatat 52 orang. Terdiri atas 49 laki-laki dan tiga perempuan. ’’Kebutuhannya memang laki-laki dan perempuan. Tapi, jumlahnya berbeda,’’ katanya.

Argo mengatakan, peserta yang lolos seleksi harus menjalani pendidikan di sejumlah sekolah milik Polri yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Bintara tugas umum akan disekolahkan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jatim, Jabar, Jateng, Bali, Kalsel, Kaltim, Sulsel, dan Sumbar.

Bintara penyidik pembantu akan disekolahkan di SPN Lido, Sukabumi, Jabar. Adapun polwan dididik di Sekolah Polwan di Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri. ’’Pelaksanaan pendidikan akan dimulai serentak pada 10 Agustus 2016,’’ ucapnya.

SURABAYA – Sebanyak 1.305 peserta dinyatakan lolos dalam seleksi penerimaan Bintara Polri 2016 yang diadakan Polda Jawa Timur. Ranking tertinggi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News