Analis Ungkap Kondisi Kripto Global Saat Ini, Simak

Analis Ungkap Kondisi Kripto Global Saat Ini, Simak
Pakar Octa Analisis Kar Yong Ang mengungkapkan kondisi mata uang kripto secata global yang terjadi saat ini. Foto: Octa

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Octa Analisis Kar Yong Ang mengatakan empat tahun sekali dunia kripto dihebohkan dengan peristiwa penting dalam sejarah mata uang kripto major (halving Bitcoin).

Pada Mei 2020 lalu, terjadi peningkatan besar-besaran pada transaksi BTC, yang didorong oleh bertumbuhnya adopsi dan keterlibatan komunitas.

Menurut dia, tren ini membawa manfaat bagi keseluruhan lanskap kripto.

"Halving yang terbaru terjadi beberapa waktu lalu, tepatnya Jumat, 19 April 2024, dengan jumlah bitcoin yang dibuat setiap 10 menit sekali turun ke 3,125," ungkap dia dalam siaran persnya, Kamis (5/4).

Dia menjelaskan yang membedakan halving adalah meningkatnya keterlibatan institusional sejak 2020, disertai dengan integrasi produk keuangan tradisional seperti ETF.

Hal ini, kata dia, makin banyaknya Bitcoin yang dipegang oleh para investor institusional jangka panjang, memicu pembahasan menyangkut guncangan pasokan.

"Kita tidak bisa mengetahui segalanya mengenai masa depan kripto. Namun, untuk mendapatkan wawasan lebih luas, harus memahami konteksnya," ujarnya

Kripto berawal dengan Bitcoin pada 2009. Saat Bitcoin menjadi makin populer, mata uang lain, seperti Namecoin dan Litecoin pada 2011, memasuki pasar, dengan fitur uniknya masing-masing.

Kemajuan besar terjadi pada 2015, ketika Ethereum dan kontrak pintar membuka pintu untuk aplikasi yang terdesentralisasi (dApps) dan tokenisasi aset.

Pakar Octa Analisis Kar Yong Ang mengungkapkan kondisi mata uang kripto secata global yang terjadi saat ini. Simak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News