Analisis Ridlwan Habib jika Komjen Listyo Sigit Prabowo Ditunjuk Jadi Calon Kapolri, Tajam!

Analisis Ridlwan Habib jika Komjen Listyo Sigit Prabowo Ditunjuk Jadi Calon Kapolri, Tajam!
Pakar Intelijen dan Terorisme Ridlwan Habib. Foto: Dok. Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Intelijen dan Terorisme Ridlwan Habib menyampaikan pandangan dan analisisnya terhadap calon Kepala Kepolisian Republik Indonesia yang akan dipilih.

Menurut Direktur The Indonesia Intelligence Institute ini, pemerintah perlu mewaspadai kelompok teroris yang anti-calon Kapolri

Habib menyebut Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu calon Kapolri yang diserahkan kepada Presiden Joko Widodo menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

Jika lancar, kata Habib, maka Sigit akan menjadi Kapolri pertama di era reformasi yang beragama Katolik.

“Bagi kelompok seperti JAD atau MIT (yang berpandangan) polisi halal diserang, apalagi polisi yang dipimpin seorang Katolik, tambah membuat mereka marah,” kata Habib seperti dilansir Antara, Selasa (12/1/2021).

Habib menilai Presiden Joko Widodo jika memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri merupakan langkah yang tepat karena berdasarkan faktor loyalitas dan profesionalisme.

Komjen Sigit pernah menjabat sebagai ajudan Jokowi dan juga sebagai Kapolres Solo saat Jokowi menjadi Wali Kota pada 2011 lalu.

“Presiden perlu figur Kapolri yang terbiasa berkoordinasi dan paham karakternya,” kata Habib.

Pakar Intelijen dan Terorisme Ridlwan Habib menyampaikan pandangannya terkait calon Kapolri baik dari aspek profesionalisme, kedekatan dengan presiden maupun hubungan dengan tokoh umat Islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News