Ancaman Keras Khamenei kepada Warga AS di Irak dan Suriah

Ancaman Keras Khamenei kepada Warga AS di Irak dan Suriah
Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Foto: AP

jpnn.com, TEHERAN - Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengeluarkan peringatan keras bahwa mereka akan mengusir orang-orang Amerika Serikat dari Iran dan Suriah.

"AS tidak akan tinggal di Irak atau Suriah, mereka harus menarik diri dan tentu saja akan diusir," kata Ayatollah Ali Khamenei, dalam laman resminya.

Iran dan AS telah menjadi beban konflik di Suriah, dan keduanya juga menjadi pemain geopolitik utama di Irak sejak penggulingan diktator Saddam Hussein pada 2003.

Ketegangan keduanya memuncak pada 2018, ketika Presiden AS Donald Trump menarik AS dari perjanjian nuklir dan mwnerapkan kembali sanksi terhadap Iran.

Sementara itu, pada Juni tahun lalu, muncul serangan pesawat nirawak AS dan membunuh komandan militer penting Iran, Qassem Soleiman di Baghdad pada 3 Januari lalu.

Hal itu jelas memicu Teheran membalas dengan serangan rudal ke pangkalan AS di Irak beberapa hari kemudian.

Bulan lalu, Trump mengatakan dia memerintahkan Angkatan Laut AS menembak setiap kapal Iran yang mengganggunya di laut, namun kemudian mengatakan dia tak akan mengubah aturan keterlibatan militer.

Setelah pernyataan Trump, kepala Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Hossein Salami, mengatakan bahwa Republik Islam akan menghancurkan kapal perang AS jika keamanannya terancam di Teluk.

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengeluarkan peringatan keras terhadap warga Amerika Serikat di Irak dan Suriah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News