Andai Jokowi Dukung Ganjar, tetapi Megawati Usung Puan...

Andai Jokowi Dukung Ganjar, tetapi Megawati Usung Puan...
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam kunjungan kerja di Wonogiri pada Selasa, 28 Desember 2021. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Andalas (Unand) Padang Asrinaldi memperkirakan kontestasi Pilpres 2024 akan jauh lebih menarik ketimbang 2019.

Menurutnya, memang tidak ada calon petahana atau incumbent pada pilpres mendatang, tetapi Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi faktor penentu.

"Saya yakin (Jokowi) bisa jadi king maker, terutama di Jawa Tengah yang menjadi basis PDIP dan pendukungnya," kata Asrinaldi kepada JPNN.com, Rabu (23/2).

Meski demikian, Asrinaldi meyakini tidak semua pendukung Jokowi akan memilih capres yang didukung Presiden Ketujuh RI itu di Pilpres 2024.

"Kalau dia (Jokowi, red) tidak jadi presiden, tentu pendukungnya berkurang," lanjutnya.

Selain itu, Asrinaldi juga menilai usaha memenangkan capres yang didukung Jokowi akan membutuhkan upaya ekstra jika Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjagokan tokoh lain.

"Misalnya di basis PDIP, di Bali, Jokowi merekomendasikan Ganjar, itu belum tentu didukung jika Megawati mendukung Puan," ulas Asrinaldi.

Sebelumnya, gabungan sukarelawan pendukung Jokowi pada Pilpres 2019 mengucap ikrar tetap mendukung pemerintahan saat ini sampai 2024.

Tidak ada calon petahana atau incumbent pada Pilpres 2024, tetapi Presiden Jokowi akan menjadi faktor penentu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News