Andi Gilang Mampu Finis ke-7 di Balap Ketahanan Dunia

Andi Gilang Mampu Finis ke-7 di Balap Ketahanan Dunia
Aksi Andi Gilang di balap ketahanan Suzuka 8 Hours Jepang. (Foto; ahm/JPNN)

jpnn.com, SUZUKA - Pembalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Andi ‘Gilang’ Farid Izdihar berhasil mencetak prestasi membanggakan di Suzuka 8 Hours Endurance World Championship di Sirkuit Suzuka, Jepang (29/7).

Andi Gilang bersama dengan tim Honda Asia Dream Racing finis di posisi ketujuh setelah bersaing dengan pembalap-pembalap level dunia. Pencapaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Andi Gilang turun menunggangi Honda CBR1000RR SP2 dengan nomor motor 22. Torehan hasil gemilang pembalap Indonesia di Suzuka 8 Hours Endurance diraih bersama Troy Herfoss (Australia) dan Muhammad Zaqhwan Zaidi (Malaysia) dalam tim Honda Asia Dream Racing setelah menuntaskan jalannya balapan sebanyak 195 lap dengan total waktu 8 jam 5, 666 detik.

Setelah terjadi taifun dengan kecepatan angin 170 Km/H pada malam sebelumnya, Suzuka 8 Hours Endurance World Championship tetap digelar.

Kondisi cuaca yang berubah–ubah menguji konsentrasi dan strategi tim dalam memaksimalkan waktu saat balapan, pengisian bahan bakar dan penggantian ban. Pembalap pun harus fokus dan cepat beradaptasi dengan kondisi yang ada.

Memulai jalannya balapan dari posisi ke-11 atas raihan catatan waktu terbaik di sesi kualifikasi, tim Honda Asia Dream Racing sempat terdesak ke posisi 18 pada awal balapan.

Namun perlahan posisi itu terus ditingkatkan hingga mampu masuk ke posisi 10 besar. Memasuki lap ke 63, Gilang yang turun sebagai pebalap ketiga, meneruskan perjuangan rekan setimnya. Menduduki posisi ke-9 dari 64 tim yang bertanding saat memasuki lintasan balap, perlahan Gilang dapat mengejar pebalap di depannya dan naik ke posisi 7. Gilang pun terus mempertahankan posisinya hingga berganti dengan pebalap berikutnya.

Pertarungan balap ketahanan kali ini diikuti beberapa pebalap top dunia seperti pebalap MotoGP Takaaki Nakagami dan Randy de Puniet, pebalap GP Moto2 Dominique Aegerter dan Isaac Vinales, pebalap Superbike World Championship, serta pebalap top dunia lainnya.

Pembalap Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Andi ‘Gilang’ berhasil mencetak prestasi membanggakan balap ketahanan dunia Suzuka 8 Hours.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News