Andi Tinggalkan Partai Golkar

Andi Tinggalkan Partai Golkar
Andi Burhanuddin Solong. Foto: Jawa Pos Group

jpnn.com - BALIKPAPAN – Andi Burhanuddin Solong (ABS) dikabarkan telah meninggalkan Partai Golkar.

Mantan calon wali kota Balikpapan di Pilwali 2015 ini disebut telah hijrah ke Partai Beringin Karya (Berkarya). Bahkan, ABS juga telah memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA).

Petinggi DPD I Golkar Kaltim yang dikonfirmasi terkait hal ini tak menampik, bila memang ABS punya kesibukan di partai lain selain Golkar. Yakni melakukan konsolidasi ke daerah-daerah di Kaltim guna menggaet kader baru.

Terkait sepak terjang ABS ini, Sekretaris DPD I Golkar Kaltim, Abdul Kadir menilai, mantan anggota DPRD Kaltim itu otomatis dianggap mengundurkan diri dari Golkar.

Hal ini sesuai dengan undang-undang partai politik (parpol) dan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Bahwa seseorang tidak diperbolehkan memiliki keanggotaan di dua partai.
 
"Otomatis undang-undang menggugurkan. Tidak perlu pemecatan dari partai. Berarti otomatis dia mengundurkan diri dari partai pertama untuk pindah ke partai kedua," ucapnya.
 
Hal ini, kata dia, berdasarkan apa yang bisa dilihat dari kegiatan yang telah dilakukan ABS. Yaitu melakukan konsolidasi Partai Beringin Karya ke kabupaten/kota dengan status kader resmi. "Ini sudah cukup jadi bukti," tegasnya.
 
Jika ABS benar-benar memutuskan keluar dari Golkar, Kadir mengatakan, pihaknya harus siap menerima. Dia menyebut, berkaca pada dinamika politik, kader bisa datang dan pergi kapan saja.

Golkar juga tak jarang menerima kader yang menginginkan rujuk setelah sebelumnya memutuskan berpisah.

DPD Golkar optimistis, kejadian ini tak akan berdampak pada perolehan kursi di parlemen. Jika saat ini berhasil menempatkan 12 wakil di DPRD Balikpapan, maka pada Pileg 2019 ia yakin perolehan naik menjadi 15 kursi.

Kadir menjelaskan, dengan mundurnya ABS otomatis posisi ketua DPD Balikpapan kosong. Perintah dari pengurus pusat, DPD I Golkar Kaltim diminta mengeluarkan SK untuk menunjuk pelaksana tugas (plt).

BALIKPAPAN – Andi Burhanuddin Solong (ABS) dikabarkan telah meninggalkan Partai Golkar. Mantan calon wali kota Balikpapan di Pilwali 2015 ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News