Android 15 Sajikan Informasi Kesehatan Memori Internal Ponsel

Android 15 Sajikan Informasi Kesehatan Memori Internal Ponsel
Sistem operasi Android 14. Foto: shutterstock/jpnn

jpnn.com - Google kembali menyempurnakan sistem operasi Android melalui versi Android 15.

Pada sistem Android 15, Google diketahui menyertakan indikator informasi untuk kesehatan memori internal dari ponsel berbasis Android.

Fitur itu mirip dengan indikator di beberapa ponsel yang mampu menunjukkan kesehatan baterai, tetapi untuk fitur yang disertakan di Android 15 disiapkan untuk menunjukkan kesehatan dari perangkat penyimpanan pengguna.

Temuan itu pertama kali diungkap oleh Android Authority, mereka menampilkan Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) baru dari Android 15, yang menunjukkan kemampuan menyediakan informasi kesehatan penyimpanan ke sistem operasi tersebut.

Saat ini, tidak ada cara untuk dengan mudah mengetahui berapa banyak keausan memori penyimpanan pada chip ponsel.

Padahal hal itu bisa menjadi informasi penting mengingat chip memori juga bisa aus seiring waktu, sama seperti komponen perangkat keras lainnya.

Dengan fitur di Android 15 itu dan apabila diluncurkan pada versi stabil, pengguna nantinya bisa mudah melihat persentase dan kesehatan dari perangkat penyimpanan internal di gawainya.

Google memanfaatkan informasi dari chip memori yang digunakan di masing-masing gawai, dengan sebagian besar ponsel modern menggunakan jenis penyimpanan yang disebut UFS (penyimpanan flash universal).

Google kembali menyempurnakan sistem operasi Android melalui versi Android 15. Ada fitur baru yang bermanfaat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News