Android Kembangkan Fitur Battery Health, iOS Belum Punya

Android Kembangkan Fitur Battery Health, iOS Belum Punya
ilustrasi sistem operasi android. Foto: Dedi Sofian/jpnn.com

jpnn.com - Android berinovasi lewat pengembangan fitur Battery Health yang menunjukkan sisa kapasitas baterai dan lain-lain.

Sejauh ini fitur tersebut belum ada di perangkat berbasis iOS.

Mantan EIC XDA-Developers Mishaal Rahman telah mengungkapkan bahwa Google menambahkan beberapa API BatteryManager baru ke Android 14 beta.

Dua di antaranya ialah API publik, digunakan untuk memberikan informasi tentang jumlah siklus dan status pengisian daya.

Kedua ialah API sistem yang melaporkan tanggal pembuatan perangkat, tanggal penggunaan pertama, kebijakan pengisian daya, dan kondisi kesehatan baterai.

Mishaal Rahman melaporkan bahwa aplikasi apa pun dengan izin “BATTERY_STATS” dapat memanggil API sistem ini, tetapi itu hanya tersedia pada perangkat Pixel yang menjalankan Android 14 Beta 2 atau lebih tinggi.

Pengembang Narek juga mengembangkan aplikasi bernama Batt yang menggunakan API baru untuk melaporkan kesehatan baterai ponsel cerdas dan siklus pengisian daya.

Pengguna bisa mengunduhnya dari GitLab dan mencobanya di perangkat jika menjalankan Android 14.

Android berinovasi lewat pengembangan fitur Battery Health yang menunjukkan sisa kapasitas baterai dan lain-lain. Perangkat berbasis iOS belum punya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News