Semoga Peringatan Hari Lahir Pancasila Bukan Cuma Seremonial Tahunan

Semoga Peringatan Hari Lahir Pancasila Bukan Cuma Seremonial Tahunan
Anggota Komisi IV DPR RI Effendi Sianipar. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi Sianipar mengatakan peringatan hari lahir Pancasila harus dijadikan momentum untuk makin membumikan lima sila yang menjadi dasar negara itu.

Pancasila, kata Effendi, harus menjadi dasar dan landasan bagi sikap dan perilaku yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

“Peringatan hari lahir Pancasila jangan hanya sekadar acara seremonial tahunan dan nostalgia sejarah,” ujar Effendi, Selasa (1/6/2021).

Menurut wakil rakyat dari Dapil I Riau ini, Pancasila harus disosialisasikan dan dipraktikkan dengan semangat merangkul dan mempersatukan kemajemukan kita.

“Pancasila bukan jadi alat untuk memukul dan menyingkirkan karena perbedaan,” tegas Effendi.

Effendi menjelaskan dunia pendidikan harus benar-benar menanam nilai-nilai Pancasila. Sebab, pendidikan adalah tonggak dasar pembentukan karakter anak.

“Saat anak mengenyam pendidikan harus diajarkan Pancasila dengan benar sehingga anak didik paham akan makna Pancasila yang sesungguhnya," ungkap dia.

Effendi mengatakan kaum milenial juga harus menjadi target pemerintah dalam mengajarkan nilai-nilai Pancasila.

Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Effendi Sianipar mengatakan Peringatan hari lahir Pancasila jangan hanya sekadar acara seremonial tahunan dan nostalgia sejarah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News