Anggota DPR Ingatkan BMKG Pentingnya Mitigasi Bencana Secara Lebih Detail

Anggota DPR Ingatkan BMKG Pentingnya Mitigasi Bencana Secara Lebih Detail
Anggota Komisi V DPR Sudewo mengingatkan BMKG pentingnya mitigasi bencana secara lebih detail di suatu wilayah. Foto: Dokumentasi Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi V DPR Sudewo mengingatkan Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) untuk konsisten dan lebih detail dalam melakukan mitigasi bencana di suatu wilayah.

Dia juga meminta agar komunikasi dan koordinasi dilakukan secara intens dengan pemerintah daerah mengingat beberapa bulan ke depan diprediksi curah hujan akan sangat tinggi dan berpotensi menyebabkan banjir di berbagai daerah.

“Berkali-kali setiap rapat dengan BMKG maupun kunjungan kerja, saya selalu sampaikan supaya BMKG dalam melakukan mitigasi bencana itu secara detail, jangan hanya secara universal," kata Sudewo melalui keterangan yang diterima, Rabu (19/10).

Selain itu, BMKG juga diminta lebih mensosialisasikan mengenai program sekolah lapangan iklim (SLI) dan sekolah lapangan cuaca nelayan (SLCN).

Menurut Sudewo, kedua program tersebut diharapkan menjadi salah satu kegiatan penting dalam memitigasi sekaligus meningkatkan pemahaman para petani dan nelayan terhadap informasi cuaca dan iklim.

“Jadi, BMKG itu memiliki teknologi, selain melakukan mitigasi bencana, tetapi juga bisa mengetahui titik-titik tertentu keberadaan ikan sehingga dapat memberi manfaat nyata terhadap stakeholder yang lain,” jelas Sudewo.

Sudewo menambahkan mengenai pentingnya mitigasi ini bagi langkah kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah daerah.

“Misalnya di Kabupaten Pati dilakukan mitigasi secara detail kemudian di situ ada satu komunikasi khusus antara BMKG dengan wilayah tersebut, apa yang harus apa yang harus dipersiapkan sebagai langkah antisipasi dan apa yang siapkan untuk siapkan untuk perencanaan setelahnya,” paparnya. (mrk/jpnn)

Anggota Komisi V DPR Sudewo mengingatkan BMKG pentingnya mitigasi bencana secara lebih detail di suatu wilayah


Redaktur & Reporter : Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News