Anggota TNI Gugur saat Bentrok Lawan Teroris Poso

Anggota TNI Gugur saat Bentrok Lawan Teroris Poso
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto Brigjen Rikwanto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Satuan Tugas Tinombala kembali terlibat kontak senjata dengan komplotan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah, Selasa (20/12) siang. Baku tembak itu mengakibatkan seorang anggota TNI, Pratu Yusuf Bahrudin yang tergabung dalam Satgas Tinombala meninggal dunia.

Pratu Yusuf merupakan anggota di Tim Nanggala VII. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengungkapkan, baku tembak terjadi di Kampung Maros, Desa Maranda, Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso.

"Memang benar tepatnya pukul 12.30 WITA, ada kontak senjata dalam kaitan Operasi Tinombala. Dalam kontak senjata tersebut antara gerobolan teroris Poso dengan TNI-Polri, satu orang anggota TNI telah tertembak dan gugur," kata Rikwanto di rumah dinas Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Jalan Pattimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Rikwanto menjelaskan, korban saat ini sudah dievakuasi di rumah sakit setempat untuk disemayamkan. Sedangkan kelompok MIT yang menembak Pratu Yusuf masih dalam pengejaran Satgas Tinombala.

Sebagian  besar personel Satgas Tinombala pun difokuskan untuk mengejar kelompok teror yang pernah dipimpin Santoso itu. "Untuk pelaku yaitu kelompok Santoso, sisa-sisanya sedang dalam pengejaran oleh Satgas Tinombala dan saat ini sedang berlangsung," jelas Rikwanto.

Berdasarkan informasi yang diterima Mabes Polri, kelompok MIT melarikan diri ke hutan untuk bersembunyi. Namun demikian, Rikwanto memastikan operasi pemburuan masih berlanjut.

"Sisa yang ada ini sepuluh sampai 15 orang. Sudah sedikit, mereka terdesak kekurangan logistik dalam kaitan makanan dan amunisi,” katanya.

Rikwanto menambahkan, Operasi Tinombala tetap berlangsung dalam kaitan mengejar. “Terakhir kontak senjata satu anggota TNI gugur bernama Praptu Yusuf. Luka tembak dada dan punggung," ucap Rikwanto.(mg4/jpnn)

JAKARTA - Satuan Tugas Tinombala kembali terlibat kontak senjata dengan komplotan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah, Selasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News