Angin, Salju, dan Suhu Beku Terjang Pantai Timur dan Tenggara Australia

Angin, Salju, dan Suhu Beku Terjang Pantai Timur dan Tenggara Australia
Wilayah tenggara hingga pesisir timur Australia diterjang badai angin, hujan, salju dan suhu dingin sejak awal pekan hingga beberapa hari mendatang. (ABC News: Brendan Esposito)

Meski musim dingin biasanya dimulai pada awal Juni, dalam beberapa waktu terakhir suhu dingin telah menerjang pesisir timur dan tenggara Australia.

Kumpulan udara dingin yang menggantikan udara panas atau lazim disebut cold front bergerak ke wilayah ini disertai suhu rendah dengan badai angin yang merusak.

Pergerakan cold front ke arah tenggara Australia disertai pula dengan salju di dataran lebih rendah, hujan, dan suhu beku.

Setelah melanda Australia Selatan hingga Senin kemarin (30/05) dengan curah hujan yang mencapai rekor dan bahkan tornado di pinggiran Kota Adelaide, sistem cold front berlanjut ke arah barat.

Bahkan saat sudah bergerak ke lepas pantai, cold front masih meninggalkan jejak cuaca di belakangnya.

Setelah malam berangin di pesisir timur, khususnya di wilayah Queensland selatan dan New South Wales utara, badai angin dengan daya merusak diperkirakan akan melanda Melbourne pada hari Selasa (31/05).

"Pada Selasa (31/05) malam kita akan mengalami badai angin yang merusak, termasuk di Sydney dan bergerak ke arah selatan menuju Mallacoota," jelas Jackson Browne dari Biro Meteorologi setempat.

Angin barat yang kencang diperkirakan akan terus bertiup di atas wilayah Great Divide hingga hari Rabu (01/06), menerjang sepanjang pantai timur, khususnya di bagian selatan New South Wales.

Meski musim dingin biasanya dimulai pada awal Juni, dalam beberapa waktu terakhir suhu dingin telah menerjang pesisir timur dan tenggara Australia

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News