Angka Covid Masih Tinggi, Kominfo Ingatkan Kembali Pentingnya Menerapkan 3M

Angka Covid Masih Tinggi, Kominfo Ingatkan Kembali Pentingnya Menerapkan 3M
Warga yang mewaspadai virus corona menggunakan masker wajah. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wabah pandemi Covid-19 hingga penghujung 2020 belum ada tanda-tanda akan mereda. Bahkan kasus Covid-19 masih terus mengalami penambahan.

Melihat kondisi ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengingatkan kembali masyarakat supaya disiplin dengan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Langkah ini merupakan salah satu jalan untuk menekan penularan Covid-19.

“Sebenarnya masyarakat sudah terbiasa dengan 3M. Tapi kami minta masyarakat tidak terlena, menganggap Covid-19 sudah mulai reda, padahal angka penularan masih tinggi. Budaya baru dengan 3M harus senantiasa kita lakukan, karena itu jalan terbaik saat ini sembari menunggu vaksin,” ujar Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemkominfo Prof. Dr. Widodo Muktiyo.

Widodo berharap budaya menerapkan 3M tersebut bisa menekan angka penularan Covid-19. Menurut dia, Indonesia dikenal sebagai bangsa berbudaya yang gemar berkumpul sehingga sosialisasi dan kampanye jaga jarak membutuhkan upaya lebih keras lagi.

Dia juga mengajak masyarakat semakin berperan dalam membantu pemerintah, untuk mendisiplinkan warga dalam menerapkan protokol kesehatan.

Pada Desember ini, Indonesia mencatat penambahan kasus hingga 8.369 positif Corona pada Kamis (3/12) dan angka ini merupakan yang tertinggi sejak virus Corona menyebar di Indonesia. 

Penambahan tertinggi kasus harian di awal Desember berasal dari provinsi Papua, yakni sebanyak 1.755 kasus dan menambahkan jumlah kumulatifnya menjadi 11.879 kasus.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengingatkan kembali masyarakat supaya disiplin dengan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News