JPNN.com

Angkasa Pura I Siapkan Rp500 miliar untuk Kembangkan Bandara Sentani

Senin, 14 Oktober 2019 – 13:36 WIB Angkasa Pura I Siapkan Rp500 miliar untuk Kembangkan Bandara Sentani - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Angkasa Pura I akan segera melakukan pengembangan Bandara Sentani dalam waktu dekat, baik pengembangan di sisi udara (airside) maupun di sisi darat (landside).

Hal itu dilakukan setelah PT Angkasa Pura I resmi mengelola Bandara Sentani Jayapura melalui mekanisme Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) dengan Kementerian Perhubungan RI. 

Untuk tahap awal, Angkasa Pura I menyiapkan dana pengembangan sekitar Rp500 miliar untuk melakukan peningkatan PCN landas pacu (runway) agar pesawat berbadan besar bisa mendarat.

"Selain itu (pengembangan bandara Sentani-red) juga dalam mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi.

Selain itu juga akan dilakukan penataan dan pengembangan landside, baik terminal penumpang maupun area parkir kendaraan.

Untuk fasilitas sisi udara, Bandara Sentani memiliki landas pacu dimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller). 

Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.(chi/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...