Anies Baswedan Ingatkan Warga Jakarta soal Ini, Ada Kalimat Sadar

Anies Baswedan Ingatkan Warga Jakarta soal Ini, Ada Kalimat Sadar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ryana Aryadita/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar warganya turut mengolah sampah masing-masing di rumah.

Hal ini diungkapkan Anies saat memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi.

“Saya mengajak kepada semua bahwa yang menghasilkan sampah adalah setiap kita, tetapi yang mengelola sampahnya hanya sebagian orang. Karenanya, yang mengelola sadar tentang masalah, tetapi, yang menghasilkan belum tentu sadar,” ucap Anies, Senin (21/2).

Menurut Anies, berdasarkan data Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, setiap warga ibu kota menghasilkan sampah rata-rata 0,7 kilogram per hari.

Untuk itu, warga harus mau mengurangi sampah pribadi dan juga memanfaatkan residu sehingga tidak menjadi sampah.

“Sampah adalah hasil dari kegiatan kita karena itu kesadaran untuk mengelola dari keseharian sangat  dibutuhkan. Setiap rumah tangga perhatikan apakah sudah dipilah atau belum, apakah sudah dikurangi atau belum,” kata dia.

Selain sampah rumah tangga, permasalahan Jakarta juga berada pada sampah industri terutama industri kuliner.

“Di Jakarta ini banyak sekali industri kuliner, pastikan bahwa residu-residunya itu dikelola dengan baik,” tambah Alumni Universitas Gadjah Mada ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak warga soal yang satu ini. Tolong disimak dan diterapkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News