Anies Baswedan Lebih Andal dalam Diplomasi Luar Negeri Dibanding Prabowo dan Ganjar

Anies Baswedan Lebih Andal dalam Diplomasi Luar Negeri Dibanding Prabowo dan Ganjar
Capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia Dato’ Seri Haji Anwar bin Ibrahim. Foto: dok pribadi for jpnn

jpnn.com, BANDUNG - Di tengah kondisi global yang sangat dinamis mulai dari eskalasi konflik beberapa negara yang juga berdampak terhadap perlambatan ekonomi dunia, maka dibutuhkan pemimpin yang memiliki visi dan diplomasi luar negeri yang bagus.

Pengamat politik dari Universitas Padjadjaran Kunto Aji Wibowo menilai bahwa Anies Baswedan memiliki jaringan luas di luar negeri.

Anies, katanya, juga memiliki visi dan hubungan diplomasi luar negeri yang sangat bagus.

Dia menuturkan, di tengah dinamika global saat ini, khususnya kondisi perekonomian yang cenderung mengalami stagnasi, maka diperlukan para pemimpin kreatif dan memiliki kemahiran dalam berdiplomasi.

"Di antara para calon presiden yang akan mengikuti kontestasi Pilpres 2024, yang punya visi hubungan diplomasi luar negeri yang bagus salah satunya Mas Anies. Dengan network (jaringan) Mas Anies yang cukup luas di luar negeri menjadi salah satu kunci pembangunan atau keberhasilan negara. Pada saat situasi sulit seperti sekarang, salah satu kuncinya adalah kepiawaian dalam diplomasi," kata Kunto, Jumat (13/10).

Selain itu, menurutnya, Anies juga memiliki keahlian dalam berkomunikasi sehingga sangat menunjang keberhasilan dalam sebuah diplomasi.

"Ketika dunia penuh dengan ketidakpastian, stagnasi perekonomian global, maka pemimpin-pemimpin yang piawai dalam berdiplomasi menjadi sangat penting untuk pembangunan dan keberhasilan sebuah negara,"

Anies Baswedan memiliki pengalaman panjang di luar negeri serta ditunjang dengan pendidikan akademis yaitu master dan doktoral di luar negeri.

Anies juga memiliki keahlian dalam berkomunikasi sehingga sangat menunjang keberhasilan dalam sebuah diplomasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News