Anies Bebaskan Pajak Bumi Bangunan Untuk Lahan yang Digunakan Bertani

Anies Bebaskan Pajak Bumi Bangunan Untuk Lahan yang Digunakan Bertani
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Ricardo/JPNN.

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membebaskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk lahan yang dimanfaatkan atau dikelola menjadi area pertanian hingga perikanan.

Pembebasan pajak ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 23 Tahun 2022 tentang Kebijakan Penetapan dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan sebagai Upaya Pemulihan Ekonomi Tahun 2022.

"Bahkan ada Pergub baru di Jakarta ini yang membebaskan PBB untuk tanah yang digunakan bagi kegiatan pertanian, perternakan, dan perikanan," ucap Anies di Balai Kota DKI, Rabu (5/10) kemarin.

Menurut Anies, pembebasan PBB bagi lahan yang dimanfaatkan pertanian dan perikanan itu untuk kebutuhan pangan di ibu kota agar lebih mandiri.

Meski begitu, alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini mengakui lahan di ibu kota semakin menyempit.

Untuk kebutuhan pangan selama ini, DKI Jakarta perlu menjalin kerja sama dengan kota lain.

"Ada lahan di Jakarta, tetapi untuk kebutuhan sebesar kota Jakarta memang komparatifnya akan lebih baik bila digunakan kerja sama antardaerah," tuturnya.(mcr4/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!

Pemprov DKI Jakarta membebaskan biaya Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) untuk lahan yang dimanfaatkan atau dikelola menjadi area pertanian hingga perikanan


Redaktur : Yessy Artada
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News