Anies Pilih Keruk Sungai Ketimbang Menggusur

Anies Pilih Keruk Sungai Ketimbang Menggusur
Calon Gubernur Anies Baswedan. Foto: Ist

jpnn.com - jpnn.com - Permasalahan banjir memang tidak hanya sekadar tingginya curah hujan. Namun juga mampetnya saluran air serta sungai yang tidak terawat.

Salah satunya adalah Sungai Cilincing. Sungai yang berwarna hitam pekat itu nantinya akan dikeruk sehingga tidak banjir lagi.

Hal itu diungkapkan Anies saat blusukan di kawasan Kampung Rengas, Semper Barat, Cilincing, Jakarta Utara pada Kamis (2/2).

Anies pun tidak lupa menyapa warga dan petugas PPSU yang sedang membersihkan sampah di sungai berwarna hitam pekat tersebut.

Kepada Anies, warga mengaku bahwa sungai tersebut sebelumnya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan warga untuk mandi ataupun mencuci.

Namun, kurangnya sosialisasi dan sistem perairan terintegrasi akhirnya membuat warga sekarang merasa jijik dengan sungai yang mengeluarkan bau tak sedap tersebut.

"Insya Allah saat terpilih nanti, sungai ini akan dikeruk dan diamankan agar tidak banjir di daerah sini," tegas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun mengajak warga membayangkan bahwa terdapat lebih dari 300 titik yang terancam penggusuran.

 Permasalahan banjir memang tidak hanya sekadar tingginya curah hujan. Namun juga mampetnya saluran air serta sungai yang tidak terawat.

Sumber RMOLjakarta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News