Anies Target Ganti 2.000 Bus Transjakarta ke Tenaga Listrik pada 2025

Anies Target Ganti 2.000 Bus Transjakarta ke Tenaga Listrik pada 2025
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan target ganti 2.000 bus Transjakarta ke tenaga listrik pada 2025. Ilustrasi Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan separuh bus Jakarta bakal diganti ke armada listrik secara bertahap dan selesai pada 2025.

Hal ini diungkapkan Anies dalam diskusi virtual Jakarta E-Mobility Event yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI Jakarta.

Menurut dia, armada ini perlu diganti ke tenaga listrik untuk mempercepat upaya dalam mewujudkan mobilitas bersih dari emisi di ibu kota.

“Satu implementasi 100 bus listrik pada rute Transjakarta yang ada untuk program penyebaran bus listrik percontohan kami. Nomor dua, mengganti separuh bus Jakarta menjadi armada listrik secara bertahap dan selesai pada tahun 2025,” kata Anies Baswedan, Rabu (2/3).

Alumni Universitas Illinois Utara ini mengaku berkomitmen untuk memastikan bahwa sebagian besar wilayah Jakarta bebas emisi pada 2030.

Sebagai informasi, bus Transjakarta yang saat ini beroperasi di jalanan ibu kota sebanyak 4.000 armada. Artinya, 2.000 bus bakal diganti ke tenaga listrik.

Selain itu, Pemprov DKI juga memberikan insentif fiskal untuk kendaraan listrik dengan memberikan pajak transfer 0 persen baik untuk kendaraan roda dua maupun empat.

“Jadi setiap kendaraan listrik untuk memberi mereka pajak transfer nol. Dan pemerintah akan untuk membuat pengumuman minggu ini,” katanya. (mcr4/jpnn)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan separuh bus Jakarta bakal diganti ke tenaga listrik secara bertahap dan selesai pada 2025.


Redaktur : Rah Mahatma Sakti
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News