Anjing Kesayangan Tiongkok Sukses Dikloning

Anjing Kesayangan Tiongkok Sukses Dikloning
Guozhi (kanan) dan anjing hasil kloningnya. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Guozhi adalah bintang di Tiongkok. Anjing berbulu putih itu sudah membintangi belasan film dan iklan. Banyak yang dibikin gemas oleh peliharaan He Jun tersebut. Bahkan, tidak sedikit yang ingin memiliki binatang berkaki empat itu. Kini harapan tersebut bisa jadi kenyataan.

Kemarin, Senin (17/12), perusahaan kloning binatang peliharaan Sinogene mengumumkan keberhasilan pertamanya. Mereka mengkloning Guozhi.

Itu dilakukan atas permintaan He. Dia ingin anjing berusia sembilan tahun tersebut punya penerus. Tanpa bioteknologi, mimpi itu tidak akan mungkin terwujud. Sebab, He mandul. Dia dikebiri di tempat penampungan anjing sebelum bertemu He.

"Guozhi sekarang merupakan aset intelektual yang punya pengaruh sosial," ujar He.

Karena itu, dia lantas mengontak Sinogene dan minta anjing yang namanya berarti jus buah tersebut digandakan. He harus mengeluarkan biaya 380 ribu yuan atau sekitar Rp 803 juta untuk mengkloning binatang kesayangannya itu.

Perusahaan mengambil sampel DNA dari kulit perut Guozhi. DNA itu lantas dikembangkan di laboratorium. DNA yang telah direkayasa tersebut disuntikkan ke dalam sel telur. Sel telur itu kemudian ditanam ke rahim seekor anjing beagle. September lalu lahirlah Zhizhi.

CEO Sinogene Mi Jidong mengatakan, kloning hanya tahap awal jasa perusahaan mereka. Mereka nanti menawarkan penyuntingan genetika binatang peliharaan. (bil/c15/hep)


Guozhi adalah bintang di Tiongkok. Anjing berbulu putih itu sudah membintangi belasan film dan iklan. Kini dia telah berhasil dikloning


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News