Antiklimaks, Bukit Asam Batal Beli BUMI

Antiklimaks, Bukit Asam Batal Beli BUMI
Antiklimaks, Bukit Asam Batal Beli BUMI
JAKARTA - Hasrat PT Tambang Batu bara Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk mengakuisisi saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berakhir antiklimaks. Dirut PTBA Sukrisno mengatakan, berdasar hasil uji tuntas (due diligence) yang dilakukan perseroan, alokasi dana untuk pembelian saham BUMI bakal memberatkan perusahaan. ''Jadi dibatalkan,'' ujarnya usai acara Investor Summit 2008 di Jakarta, Selasa (25/11).

Seperti diwartakan sebelumnya, PTBA rencananya bakal bergabung dengan Northstar Pacific, untuk mengakuisisi 35 persen atau 6,791 miliar saham BUMI dari PT Bakrie and Brothers Tbk (BNBR) senilai USD 1,3 miliar.

Menurut Sukrisno, pembatalan tersebut didasari dua hal. Pertama, perseroan lebih memprioritaskan alokasi dana untuk proyek-proyek yang sudah mulai berjalan dan akan menyedot banyak dana di 2009. Kedua, harga saham BUMI yang masih berada di level rendah dibandingkan kesepakatan awal pembelian, bakal menyulitkan manajemen untuk mempertanggungjawabkannya pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Untuk alasan pertama, Sukrisno mengatakan, pihaknya memang lebih memilih untuk mengalokasikan dana pada proyek-proyek yang sudah berjalan dan dinilai bisa memberikan return (imbal hasil) yang lebih cepat. ''Ini akan lebih berdampak pada kinerja,'' katanya.

JAKARTA - Hasrat PT Tambang Batu bara Bukit Asam Tbk (PTBA) untuk mengakuisisi saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berakhir antiklimaks. Dirut PTBA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News