Antisipasi Dampak Potensi Gempa Bumi dan Tsunami Raksasa, Nih Permintaan BMKG

Antisipasi Dampak Potensi Gempa Bumi dan Tsunami Raksasa, Nih Permintaan BMKG
Ilustrasi gempa. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, sistem peringatan dini tsunami yang telah dibangun tidak cukup menjamin keberhasilan pencegahan jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam tersebut.

Karena itu, kesiapan masyarakat harus ditingkatkan dengan memberikan edukasi yang berkelanjutan. Di sinilah menurut Dwikorita, diperlukannya peran serta pemerintah daerah.

"Masih sangat diperlukan kesungguhan pemerintah daerah dan masyarakat setempat bersama-sama pemerintah pusat, untuk melakukan berbagai langkah kesiapan pencegahan bencana," kata Dwikorita dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (29/9).

Selain itu, langkah-langkah untuk mencegah kepanikan masyarakat merespons hasil kajian peneliti ITB tentang potensi tsunami raksasa setinggi 20 meter di wilayah selatan Pulau Jawa akibat gempa megathrust juga perlu dilakukan.

Langkah-langkah itu menurutnya tidak bisa dilepaskan dari edukasi masyarakat agar mampu melakukan perlindungan dan penyelamatan diri terhadap bencana gempa bumi dan tsunami. Termasuk, merespons peringatan dini secara cepat dan tepat.

Dwikorita menekankan, kesiapan pemerintah daerah sangat penting dalam menyediakan sarana prasarana evakuasi, peta rawan bahaya gempa dan tsunami, jalur dan tempat evakuasi, serta melaksanakan gladi evakuasi secara rutin.

Kemudian, pemerintah perlu menerapkan standar bangunan tahan gempa dan tsunami utamanya untuk fasilitas publik dan vital. Termasuk mengaudit bangunan yang ada diikuti upaya penguatan konstruksi bangunan supaya lebih tahan gempa dan tsunami.

BMKG juga mengingatkan pentingnya pengaturan tata ruang berbasis mitigasi bencana can menegakkan aturan secara ketat agar masyarakat dan seluruh pihak mematuhi upaya mitigasi tersebut.

Selain mengedukasi masyarakat, BMKG meminta Pemda memperkuat mitigasi bencana dan membangun fasilitas pendukung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News