Antisipasi Kursi Kosong Lagi

Antisipasi Kursi Kosong Lagi
Antisipasi Kursi Kosong Lagi
JAKARTA - Fenomena kursi kosong dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 bakal merembet ke jalur ujian tulis. Sebelumnya, panitia pusat SNMPTN 2011 melansir kursi kosong di jalur undangan sebesar 10.561 kursi. Untuk menambah kekosongan kursi, PTN ramai-ramai menggelar seleksi mandiri.

Bendahara SNMPTN 2011 Rohmat Wahab menuturkan, setiap tahun selalu ada fenomena kursi kosong. Pria yang juga menjadi rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) itu menuturkan, kursi kosong tidak hanya muncul di jalur undangan. "Setiap tahun, setelah ujian tulis juga ada kursi kosong," tandas Rohmat yang menjadi bendahara sejak 2008 lalu kemarin (22/5).

Dia menuturkan, prediksi kursi kosong dalam jalur ujian tulis SNMPTN tahun ini mencapai 10 persen hingga 15 persen. Seperti diketahui, saat ini kuota untuk jalur ujian tulis sebesar 108.535 kursi plus 10.561 kursi sisa dari jalur undangan SNMPTN 2011.

Nah, Rohmat menuturkan pihak kampus masih memiliki wewenang penuh untuk menambal kursi kosong dari ujian tulis tersebut. Caranya, kampus yang bersangkutan bisa membuka jalur masuk PTN mandiri. "Namanya bisa bermacam-macam," kata dia.

JAKARTA - Fenomena kursi kosong dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2011 bakal merembet ke jalur ujian tulis. Sebelumnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News