Antisipasi Lonjakan Pemudik, KM Ciremai Layani Arus Balik Lampung-Cilegon

Antisipasi Lonjakan Pemudik, KM Ciremai Layani Arus Balik Lampung-Cilegon
PT Pelni. Foto dok Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menugaskan Kapal PELNI untuk siaga melayari rute Pelabuhan Panjang, Lampung menuju Pelabuhan Ciwandan, Cilegon.

KM Ciremai yang sedianya melakukan pelayaran ke wilayah timur setibanya di Surabaya, Minggu (1/5), balik arah menuju Lampung.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI Opik Taupik menjelaskan KM Ciremai disiagakan untuk melayani rute khusus ini hingga Sabtu (7/5).

"KM Ciremai yang telah menurunkan peserta Mudik Motor Gratis di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat ini mendapatkan penugasan tersebut," ujar Opik.

KM Ciremai ini rencananya akan membantu membawa penumpang kapal penyeberangan ASDP.

"PELNI tidak menjual tiket rute tersebut selama beroperasi, sehingga kapal PELNI bertugas hanya untuk mengantarkan penumpang. Tiket tetap dibeli secara online kepada pihak ASDP melalui aplikasi pembelian tiket Ferizy," jelasnya.

KM Ciremai merupakan kapal multi fungsi yang dimiliki oleh PELNI karena dapat mengangkut penumpang, kendaraan, dan barang. Kapal ini memiliki kapasitas angkut 948 pax penumpang, 1.700 unit kendaraan (motor dan kendaraan kecil), dan 65 TEUs untuk angkutan barang.

Khusus pada penugasan arus balik ini, KM Ciremai melakukan penyesuaian pelayaran dengan rute Surabaya-Semarang-Lampung-Cilegon-Surabaya-Semarang-Tg. Priok.

PT Pelni turut mengantisipasi lonjakan pemudik dari Sumatera menuju Pulau Jawa di arus balik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News